Thursday 26 February 2015

Tentang Buku Raditya Dika


Siapa tidak kenal Raditya Dika? Raditya Dika, lahir di Jakarta 24 Desember 1984 atau akrab disapa Radit / Bang Dika merupakan seorang penulis yang memulai kariernya di tahun 2005 lewat buku Kambing Jantan. Sebelumnya, buku tersebut merupakan catatan hariannya di internet atau yang populer disebut blog. Kambing Jantan ternyata laku keras di pasaran hingga difilmkan, dikomikkan, dan melambungkan nama Radit. Buku Kambing Jantan tersebut bergenre jurnal komedi.

Buku kedua Radit berjudul Cinta Brontosaurus terbit lebih apik dalam format cerpen tak kalah sukses. Buku Cinta Brontosaurus terutama berisi pengalaman cinta Radit semasa SMU. Selain kisah cinta, terdapat juga kisah hewan peliharaannya, persahabatan, dan berbagai keseharian Radit yang menggelitik. Buku ini bertema cinta monyet dan cinta pertama. Desain cover buku ini dibuat oleh Raditya Dika sendiri dan masih menggandeng Gagasmedia sebagai penerbitnya.

Buku ketiga Radit berjudul Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa, juga diterbitkan oleh Gagasmedia. Buku ini juga masih menceritakan keseharian Radit yang tak membosankan dibaca. Ada cerita ketika Radit menjadi badut di busway untuk sebuah penelitian, ada cerita ketika Raditya Dika dan adik-adiknya terjebak banjir, sampai pengalaman Radit mengajar di bimbingan belajar.

Agak berbeda dengan buku sebelumnya, buku keempat Radit berjudul Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang bertemakan kisah-kisah supranatural yang dialami Radit. Namun, sebagai ciri khasnya, yaitu cerita yang dibumbui komedi tidak ditinggalkan. Meski buku tersebut bergenre misteri namun tetap menggelitik. Ada kisah tentang pembantu rumah tangga keluarganya yang kesurupan, ada kisah Radit didatangi penampakan hantu berponi di kamarnya yang ternyata naksir temannya sendiri. Ada juga kisa Radit yang ingin memelihara tuyul.

Buku kelima berjudul Marmur Merah Jambu. Buku ini merupakan buku Radit yang sangat sukses di hari pertama terbitnya. Radit yang memiliki banyak followers di social media memanfaatkan Twitter untuk melakukan promosi.Tak lupa meminta berbagai artis yang sudah membaca bukunya untuk berfoto bersama buku tersebut untuk di tweet sehingga menarik perhatian calon pembeli. Para pembaca setia Radit yang sudah membeli pun diminta berfoto bersama buku Marmut Merah Jambu yang kemudian di-tweet sehingga menjadi sarana promosi yang sangat bagus.

Hal ini juga terjadi ketika Radit meluncurkan buku keenamnya yang berjudul Manusia Setengah Salmon dan buku ketujuhnya yang berjudul Koala Komal. Radit menggunakan cara promosi yang sama, yaitu via Twitter dan keliling toko buku bertemu para pembaca. Manusia Setengah Salmon meraih jumlah cetak yang cukup banyak bahkan sudah difilmkan dan dibintangi antara lain oleh Raditya Dika sendiri, Dewi Irawan, Bucek Deep, dan Kimberly Ryder. Sedangkan Koala Kumal baru terbit baru-baru ini dan tentu saja juga laku keras.

Daftar buku Raditya Dika
Kambing Jantan: Sebuah Catatan Harian Pelajar Bodoh (2005)
Cinta Brontosaurus (2006)
Radikus Makankakus: Bukan Binatang Biasa (2007)
Babi Ngesot: Datang Tak Diundang Pulang Tak Berkutang (2008)
Komik Kambing Jantan - bersama Adriano Rudiman (2008)
Marmut Merah Jambu (2010)
Manusia Setengah Salmon (2011)
Komik Kambing Jantan 2 - bersama Adriano Rudiman (2011)
Koala Kumal (2015)

1 comment: