Thursday 26 February 2015

Profil dan Daftar Buku Dewi Lestari (Dee)



Dewi Lestari, pemilik nama pena Dee, lahir di Bandung 20 Januari 1976. Pada awal kariernya, Dee merupakan seorang self publisher untuk bukunya yang berjudul Supernova. Tak disangka, novel itu ternyata laku keras. Sebelum menerbitkan novel Dee memang seorang penulis cerpen di berbagai media. Novel pertama Dee berjudul Supernova: Kstaria, Puteri, dan Bintang Jatuh terjual lebih dari 12.000 eksemplar pada 35 hari pertama. Dee juga menjual novel tersebut dalam versi Bahasa Inggris.

Supernova mendapatka penghargaan Khatulistiwa Literary Award. Kemudian, Dee meluncurkan novel keduanya yang berjudul Supernova: Akar yang terbit pada tahun 2002. Di tahun 2003, Dee mencoba membuat sebuah kumpulan cerpen dan prosa yang berjudul Filosopi Kopi yang sukses di pasaran. Pada tahun 2005, Dee pun meluncurkan novel ketiganya yang berjudul Supernova: Petir.

Pada tahun 2008 Dee kembali meluncurkan buku terbarunya berjudul Rectoverso. Rectoverso diterbitkan sekaligus dengan CD-nya yang berisi lagu-lagu ciptaan Dee. Sebelumnya, Dee memang merupakan seorang penyanyi dan pencipta lagu. Rectoverso pun sudah difilmkan dengan Lukman Sardi, Asmirandah, dan Acha Septriasa sebagai pemainnya.

Pada bulan Agustus 2009, Dee kembali menerbitkan sebuah novel berjudul Perahu Kertas. Oleh para pembacanya, Perahu Kertas dianggap "paling mudah dicerna" dibandingkan dengan karya-karya Dee lainnya. Perahu Kertas yang bertema percintaan anak muda ini pun sudah difilmkan oleh Hanung Bramantyo dan dibintangi oleh Maudy Ayunda serta Adipati Dolkens. Perahu Kertas baik berupa novel dan filmnya cukup sukses secara komersial.

Di tahun 2014 Dee kembali dengan karyanya yang berjudul Supernova: Partikel. Novel ini langsung mendapat sambutan hangat bagi para pembaca Dee.

Dewi Lestari menikah dengan Marcell Siahaan pada tahun 2003. Dewi dan Marcell pun dikaruniai seorang anak laki-laki yang bernama Keenan. Nama Keenan kemudian menjadi nama tokoh dalam novel Dewi, yaitu Perahu Kertas. Sayang, pernikahan Dewi Lestari dan Marcell tidak berlangsung lama. Dewi kemudian menikah lagi dengan seorang pakar penyembuhan holistik, yaitu Reza Gunawan di Sydney yang kemudian dikaruniai seorang anak perempuan yang cantik sekali bernama Atisha.

Sebelum menjadi penulis, Dewi merupakan seorang penyanyi dalam grup Rida Sita Dewi (RSD). Dewi juga pernah menjadi backing vokal untuk Iwa K, Java Jive, dan Chrisye.

Daftar karya Dee
Supernova: Ksatria, Putri, dan Bintang Jatuh (2001)
Supernova2: Akar (2002)
Filosofi Kopi (2003)
Supernova 3: Petir (2004)
Rectoverso (2008)
Perahu Kertas (2009)
Madre (2011)
Supernova 4: Partikel (2012)
Supernova 5: Gelombang (2014)

1 comment: